Jual Beli Aneka Spare Part Mesin Diesel Terpercaya

Seputar Sejarah Mesin Diesel

MEGAHMANDIRIJAYA.COM - Rasanya kurang afdol jika kita berkutat sepanjang hidup atau sepanjang karir bisnis dengan perangkat mesin diesel namun belum membaca atau mengetahui secuil sejarah panjang mesin diesel itu sendiri. Sudah ribuan kali bertransaksi dagang jual beli atau gonta ganti spare part mesin diesel tetapi tidak tahu sedikit cerita di balik penemuan mesin unik satu ini, apa kata orang? Mesin diesel adalah sebuah mesin yang tidak memakai busi sebagai salah satu komponen pencetus pembakaran layaknya mesin bensin atau mesin gas. Pada awalnya, mesin ini diciptakan dengan harapan bisa menggunakan semua bahan bakar yang ada dan tidak bergantung hanya kepada minyak bumi (bensin).


Rudolf Diesel sang penemu mesin diesel
Rudolf Diesel (1858-1913)
Menurut Wikipedia, mesin diesel pertama kali ditemukan pada tahun 1892 oleh seorang berketurunan Jerman yang lahir di Paris, Perancis. Satu tahun berselang, mesin ini dipatenkan oleh si penemu. Orang yang dimaksud bernama Rudolf Diesel (Rudolf Christian Karl Diesel). Awalnya mesin ini disebut mesin minyak. Seperti penemuan-penemuan lainnya, untuk menghormati jasa sang penemu maka disebutlah "mesin diesel" sesuai nama si penemu.

Pada awal penggunaannya, mesin diesel dipakai sebagai pengganti mesin uap. Dalam perkembangan berikutnya di era awal tahun 1910, mesin diesel mulai dipergunakan di berbagai bidang industri terutama di bidang perkapalan dan kapal selam, lalu diikuti oleh industri kendaraan bermotor (otomotif), truk, bis (bus), kendaraan militer, kereta api, pesawat terbang, pembangkit tenaga listrik, alat-alat berat, dst. Saat ini hampir boleh dikatakan industri otomotiflah yang paling gencar menggunakan mesin diesel ini terutama untuk mobil-mobil buatan Eropa. Alasannya tak lain karena efisiensi hasil pembakaran mesin diesel itu sendiri.

Pamor Mesin Diesel

mesin diesel pertama dibuat
Mesin diesel pertama kali dibuat.
Mesin diesel mendapat banyak peminat karena penggunaannya di kemudian hari tidak selalu harus dari minyak bumi (petroleum) seperti solar. Apalagi di masa yang akan datang produksi minyak bumi di dunia akan semakin menipis dan mahal harganya. Mesin diesel bisa menggunakan bermacam-macam bahan bakar mulai dari minyak bumi (solar), batubara, biogas, biodiesel seperti minyak tumbuhan, kacang-kacangan hingga ekstraksi lemak binatang atau tanaman.

Ada beberapa kelebihan mesin diesel yang membuatkan lebih terkenal dari mesin pembakar lain terutama yang berbahan bensin. Beberapa di antaranya antara lain:
  • Mesin diesel lebih irit dalam membakar bahan bakar. Dibandingkan mesin bahan bakar bensin, mesin diesel efisiensinya di atas 45% sedangkan mesin bensin sekitar 35%.
  • Mesin diesel dalam sistem operasinya hampir tidak ada yang namanya listrik tegangan tinggi dalam sistem penyalaannya. Inilah yang membuatnya jauh lebih awet dan tahan lama penggunaannya dari mesin berbahan bakar bensin. Mesin diesel tidak ada koil, kawat spark plug, dst.
  • Meski sama-sama diproduksi dari minyak mentah (minyak bumi), produksi solar jauh lebih murah dibandingkan bensin. Ongkos produksinya lebih kecil karena tidak perlu terlalu melewati banyak tahapan.
  • Bahan bakar mesin diesel dianggap relatif lebih aman termasuk solar dari minyak bumi dibandingkan bahan bakar lainnya terutama gas, bensin, dsb. Meski bahan bakar diesel bisa menyala jika disulut dengan sumbu api, namun hampir jarang meledak atau cepat menyambar layaknya gas dan bensin. Di samping itu bahan bakar diesel tidak menghasilkan uap yang mudah terbakar dalam jumlah besar.
  • Mesin diesel menghasilkan panas yang lebih kecil dari mesin bensin.
  • Mesin diesel dapat menerima tekanan dari supercharger atau turbocharger tanpa batasan (tergantung dari kekuatan komponen mesinnya saja). Tidak seperti mesin bensin yang dapat menimbulkan detonasi/ketukan pada tekanan tinggi.
  • Hasil pembakaran minim kandungan gas karbon monoksida sehingga mesin diesel banyak digunakan pada tambang-tambang di bawah tanah.

Itulah beberapa keunggulan mesin diesel dari mesin-mesin berbahan bakar lainnya termasuk bensin. Tak heran mobil-mobil atau truk-truk masa kini banyak yang menggunakan mesin diesel dan banyak dipilih orang terutama untuk keperluan bisnis. Jauh lebih hemat ongkos atau biayanya. Jika anda memiliki kendaraan bermesin diesel dan membutuhkan dukungan spare part terbaik dan berkualitas, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Kami siap melayani anda dengan penjualan dan pemasaran produk-produk diesel part terpercaya dengan harga murah.

  
Share:

Artikel Mesin Diesel Terpopuler